Review Jurnal Sistem Cerdas Reservasi dan Pemantauan Parkir

Judul
Sistem Cerdas Reservasi dan Pemantauan Parkir pada Lokasi Kampus Berbasis Konsep Internet of Things
Jurnal
Teknologi dan Sistem Komputer
Vol & Halaman
e-ISSN:2338-0403, Vol. 6 No. 2, 57-63
Tahun terbit
2018
Penulis, e-mail
Dody Ichwana, Ratna Aisuwarya, Styviandra Ardopa, Indah Purnama, dody.ichwana@fti.unand.ac.id
Reviewer
Rizki Amalia Saputri
Tanggal review
13 Desember 2019


Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangan sistem reservasi dan pemantauan parkir pada lokasi kampus menggunakan NFC dan konsep IoT.
Subjek Penelitian
Subjek dari penelitian ini adalah lokasi parkir di suatu kampus.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan yaitu metode black box berdasarkan kebutuhan fungsional sistem yang telah dibangun, yaitu sistem dapat mengetahui lokasi parkir yang kosong, sistem dapat memandu pengguna ke lokasi parkir yang dipilih dan dapat melakukan pemantauan parkir.
Hasil Penelitian
Sistem mampu mendeteksi lokasi parkir yang kosong dan melakukan reservasi dengan waktu pengiriman data ke server selama 0.7952 detik.
Kelebihan
Dengan adanya sistem ini, pengguna kendaraan dapat dengan mudah menemukan lokasi parkir yang kosong, sehingga menghemat waktu karena tidak harus mengitari lokasi parkir untuk menemukan tempat parkir yang masih kosong.
Kelemahan
Sistem ini tidak efisien untuk pengguna kendaraan roda dua, karena pengguna harus mengeluarkan handphone-nya terlebih dahulu untuk mengecek lokasi parkir yang kosong dan juga saat melakukan tag pada perangkat keras untuk membaca kode pemesanan.
Kesimpulan & Saran
Kesimpulan :
Penelitian ini berhasil membagun dan mengimplementasikan sistem cerdas reservasi dan pemantauan parkir pada  lokasi kampus melalui aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android dengan menerapkan konsep IoT.
Saran :
Sebaiknya sistem ini dikembangkan kembali dalam proses tag pembacaan kode pemesanan agar pengguna tidak lagi harus mengeluarkan handphone, terlebih lagi untuk pengguna kendaraan beroda dua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lembaga Audit dan ISO Sistem Informasi di Indonesia

Sistem Cerdas